Pendataan Potensi Desa/Kelurahan (PODES) 2024 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Gowa

Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Gowa di Jl. Mesjid Raya No. 57H, Sungguminasa, Senin-Jumat Pukul 08.00-16.00

Pendataan Potensi Desa/Kelurahan (PODES) 2024

Pendataan Potensi Desa/Kelurahan (PODES) 2024

1 Mei 2024 | Kegiatan Statistik


Tujuan Pendataan Podes 2024 adalah untuk menghasilkan data bagi keperluan pembangunan wilayah, memberikan data tentang potensi wilayah, ketersediaan infrastruktur/fasilitas, serta kondisi sosial-ekonomi di setiap desa/kelurahan. Sedangkan tujuan khusus dari Podes 2024 adalah a. Menyediakan data yang dapat mendukung perencanaan kegiatan Sensus Ekonomi 2026. b. Sebagai sarana untuk Updating Master File Desa (MFD). c. Menyediakan data tentang keberadaan dan perkembangan potensi yang dimiliki desa/kelurahan yang meliputi: sosial, ekonomi, sarana, dan prasarana wilayah. d. Menyediakan data bagi keperluan klasifikasi tipologi desa. e. f. Sebagai sumber data pemutakhiran peta wilayah kerja statistik. Menyediakan data pokok bagi penyusunan statistik wilayah kecil (small area statistics). g. Menyediakan data bagi penyusunan berbagai analisis seperti identifikasi dan penentuan desa tertinggal, variabel konteks dalam PMT, identifikasi desa rawan bencana, dan identifikasi desa yang mempunyai kesulitan geografis. h. Menyediakan data bagi penghitungan indikator-indikator pembangunan/kemajuan desa. 
Podes 2024 dilaksanakan di seluruh wilayah administrasi pemerintahan setingkat desa meliputi desa, kelurahan, nagari, Unit Permukiman Transmigrasi (UPT), dan Satuan Permukiman Transmigrasi (SPT) yang masih dibina oleh kementerian terkait di seluruh Indonesia. Podes 2024 juga mencakup semua wilayah kecamatan, kabupaten/kota di seluruh Indonesia.
PELAKSANAAN LAPANGAN: Pencacahan/Pendataan 2 Mei – 31 Mei 2024 7 Pengawasan/Pemeriksaan 2 Mei – 4 Juni 2024 8 Supervisi 2 Mei – 4 Juni 2024 

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten GowaStatistics Indonesia of Gowa RegencyJl. Mesjid Raya No 57H

Sungguminasa

92111

Mailbox : bps7306@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik